PERTANYAAN
Assalamu'akum
 karena gak ada kajian,
 yuk coba saya ingin tanya :
  seorang suami merantau meninggalkan istri bertahun tahun tanpa kabar,  karena di anggap sudah meninggal akhirnya sang istri menikah lagi,
 setelah sang istri menikah selang beberapa tahun ,
 suami yang dulu kembali lagi, kalau permasalahan sudah seperti itu,
 siapakah yang berhak apakah suami pertama atau ke 2 ?
JAWABAN
Cikong Mesigit 
wa'laikum salam 
Penangguhan  istri bisa menikah lagi : menunggu keputusan hakim, atau menunggu masa  idah wafat, atau ada kepastian tentang kabar suami.  Jika telah menikah  ada 2 pilihan :  - istri tetap menjadi istri suami yg ke 2 nya  - suami  lama mempunyai 2 pilihan :  
1. mengambil kembali istrinya 
2. istrinya tetap menjadi istri dari suami yang 2 dengan meminta mahar kepada suami yang ke 2.  
Jawabannya ada di link : https://www.piss-ktb.com/.../504-istri-menikah-lagi...   Tidak boleh menikah sebelum ada kabar yg dapat dipercaya bahwa  suaminya telah meninggal ato telah menjatuh thalaq, namun pendapat Qoul  Qodim boleh menikah setelah menunggu 4 tahun dan melakukan iddah wafat  (4 tahun 4 bulan sepuluh hari)
ومن غاب بسفر أوغيره وانقطع  خبره ليس لزوجته نكاح لغيره حتى يتيقن موته أو طلاقه لأن النكاح معلوم  بيقين فلا يزال إلا بيقين وعن القفال لو أخبرها عدل بوفاته حل لها أن تنكح  غيره فيما بينها وبين الله تعالى وفي القديم تتربص أربع سنين ثم تعتد لوفاة  نكاح غيره. المحل هامش حاشيتان ٤/٥١    .أخبرها و وليها عدل بطلاق زوجها  أو موته وصدقاه جاز لها أن تتزوج ولا إثم عليها ولا عقوبة وليس للقاضي أن  يعترضها بخلافه هو فلا يجوز له تزويجها إلا بالبينة فلو وصل الزوج وأنكر  الطلاق ولم تقم به بينة صدق بيمينه وتبين بطلان النكاح الثاني لكن وطئه  شبهة لا حد فيه والأولاد الحاصلون منه منسوبون إلى الواطئ ونكاح الأول باق  وعليها عدة الشبهة. غاية تلخيص المراد ص : ٢١٣
  Bila  menikahnya tidak memenuhi ketentuan di atas maka nikahnya tidak sah dan  wanita tsb tetap menjadi istri sahnya suami pertamanya:   .
ومن  ذلك قول أبي حنيفة أن المقود إذا قدم بعد أن تزوجت زوجته بعد التربص يبطل  العقد وهي للأول وإن كان الثاني وطئها فعليه مهر المثل وتعتد من الثاني ثم  ترد إلى الأول___ومع قول الشافعي في أرجح القولين إن النكاح الثاني باطل  وفي قول الأخر بطلان نكاح الأول بكل حال. الميزان الكبرى ٢/١٣٦   .لوتزوجت  زوجة المفقود غيره قبل الحكم بموته سقطت نفقتها ولا تعود إلا بعلمه عودها  إلى طاعته بعد التفريق بينهما، يعنى لو تبين عدم موته فلا تعود نفقتها عليه  إلا بعد علمه بعودها إلى طاعته والتفريق بينهما وبين زوجها الثاني لأن  نكاحها عليه فاسد. إعانة الطالبين ٤/٨٣    
Mengenai anaknya kalo nikahnya sesuai ketentuan tetap ada hubungan nasab pda suami ke2 :   .
أخبرها  و وليها عدل بطلاق زوجها أو موته وصدقاه جاز لها أن تتزوج ولا إثم عليها  ولا عقوبة وليس للقاضي أن يعترضها بخلافه هو فلا يجوز له تزويجها إلا  بالبينة فلو وصل الزوج وأنكر الطلاق ولم تقم به بينة صدق بيمينه وتبين  بطلان النكاح الثاني لكن وطئه شبهة لا حد فيه والأولاد الحاصلون منه  منسوبون إلى الواطئ ونكاح الأول باق وعليها عدة الشبهة. غاية تلخيص المراد ص  : ٢١٣ 
Bila nikahnya tidak sesuai ketentuan diatas(nikahnya  tidak sah) maka bila suami kedua mengetahui bahwa nikahnya tdk sah maka  anaknya tdk ada hubungan nasab pda suami kedua, bila suami kedua tdk  mengetahui bahwa nikah sah maka anaknya ada hubungan nasab pda suami  kedua tsb :   ,
وإذا لم يصح نكاح الثاني او الثالث ترتبت على  بطلانه أشياء منها عدم التوارث بينها وبينه وسقوط مهرها ونفقتها و وجوب  الحد عليها وهذه الثلاثة لا تختلف بين علم الواطئ حال الوطئ بالفساد وجهله  وكذا يثبت نسب الأولاد ومحرمية المصاهرة والعدة عليها إن جهل الواطئ الفساد  و وجوب الحد على العالم به منهما. بغية المسترشدين ص : ٢٠٢    . تزوج  مطلقة غيره في العدة لم يصح ثم إن وطئ عالما بالفساد فزان أوجاهلا  فشبهة.بغية المسترشدين ص : ٢٣٨بشبهة يثبت النسب والعدة.إعانة الطالبين  ٣/٣٣٧ 
Mohon di koreksi   Seperti kasus di atas nikahnya dgn  suamikedua baik sesuai ketentuan ato tidak sesuai ketentuan / tidak sah,  wanita tsbmenjadi haqnya suami pertama / dikembalikanpada suami pertama  :   .
ومن ذلك قول أبي حنيفة أن المقود إذا قدم بعد أن تزوجت زوجته  بعد التربص يبطل العقد وهي للأول وإن كان الثاني وطئها فعليه مهر المثل  وتعتد من الثاني ثم ترد إلى الأول___ومع قول الشافعي في أرجح القولين إن  النكاح الثاني باطل وفي قول الأخر بطلان نكاح الأول بكل حال. الميزان  الكبرى ٢/١٣٦   .لوتزوجت زوجة المفقود غيره قبل الحكم بموته سقطت نفقتها  ولا تعود إلا بعلمه عودها إلى طاعته بعد التفريق بينهما، يعنى لو تبين عدم  موته فلا تعود نفقتها عليه إلا بعد علمه بعودها إلى طاعته والتفريق بينهما  وبين زوجها الثاني لأن نكاحها عليه فاسد. إعانة الطالبين ٤/٨٣ 
LINK ASAL : https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=580962731926539&refid=18  DOKUMEN FB : https://mbasic.facebook.com/groups/196355227053960...  LINK TERKAIT :  http://www.piss-ktb.com/.../504-istri-menikah-lagi... Piss Ktb  di 18.06
Adapun  tentang ta'liq dlm buku nikah yg dibacakan setelah selesai aqad. Itu  merupakan salah satu cambuk spirit bagi suami agar betul2 melaksanakan  tanggung jawabnya secara sungguh2.
Memang Harus diakui juga bahwa jika seorang suami yg tidak dapat memberikan  nafkahnya selama beberapa bulan(sesuai yg diucapkan dlm sighot ta'liq)  kemudian sang istri mengadukan kepada hakim dan memberi uang sebagai  iwadl/pengganti talaq suami dan kemudian hakim memberikan keputusan  talaq maka jatuhlah talaqnya.
Namun..., apakah hanya sebatas demikian kekuatan pernikahan?
Satu contoh mudah.
Karena  faktor ekonominya yg kesulitan Seorang suami tidak dapat memberikan  nafaqoh selama beberapa bulan hingga melebihi batas apa yg telah  diucapkan dalam buku akad.padahal tiada putus asa suami tersebut untuk  terus berusaha.
Pantaskah seorang istri mengadu pada hakim dg membawa  uang iwadl?(tidak malukah dg janji sehidup semati dalam susah maupun  senang ketika belum menikah,hehehe)
Dan pantaskah seorang hakim memutuskan talaq tanpa pertimbangan?
link dokumen
https://www.facebook.com/notes/huda-sarungan-humor-dan-dawah-sarana-untuk-ngaji/1170-hukum-istri-menikah-lagi-setelah-suami-pergi-bertahun-tahun-tanpa-kabar/793770330647707
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar